Sabtu, 24 Januari 2009

PROPOSAL PERESMIAN

PROPOSAL KEGIATAN
PERESMIAN KLINIK USAHA KECIL MENENGAH (KUKM)
KOTA PROBOLINGGO



A. DASAR PEMIKIRAN

P
erkembangan globalisasi membawa dampak yang sangat besar dalam pola komunikasi dan alur informasi yang ada dalam dunia bisnis. Berbagai macam informasi yang berpengaruh terhadap pelaksanaan usaha dari UMKM seringkali berubah dan berkembang sedemikian cepat. Hal ini kemudian membawa berbagai macam tantangan dalam menjalankan bisnis agar sebuah usaha mampu bertahan dan memiliki daya saing.
Hanya saja bagi UMKM, tantangan untuk selalu berubah dan inovatif tersebut seringkali menjadi beban yang sulit untuk diatasi. Karena keterbatasan sumberdaya yang ada, baik sumberdaya manusia, waktu maupun masalah biaya, seringkali menjadi faktor penghambat bagi UMKM untuk mengakses berbagai informasi yang mereka perlukan untuk mengambil keputusan tersebut. Akibatnya, UMKM menjadi rentan (vurnerable) dan lemah terhadap persaingan bisnis yang kiat ketat tersebut.
Selama ini, UMKM mengakses informasi tersebut melalui sumber yang terbatas pada lingkup mereka saja. Studi yang dilakukan oleh Japan International Cooperation Agency (JICA) pada tahun 2004 mengenai akses informasi UMKM di Jawa Timur diketahui bahwa mereka mendapat akses maupun sarana konsultasi yang mereka perlukan dari :
1. Sumber informal (teman, saudara, kerabat dekat, sesama UMKM dan sebagainya) sebanyak 74 persen
2. Dari media massa dan pengalaman masing-masing pengelola usaha sebanyak 18 persen
3. Baru sisanya dari sumber lembaga baik pemerintah (dinas teknis), maupun swasta (BDS, perguruan tinggi, bank dan sebagainya)
Temuan serupa dilaporkan oleh studi yang dilakukan oleh Swisscontact dan Asian Development Bank (ADB) pada tahun 1999, tentang persepsi UMKM terhadap layanan informasi dan konsultasi bagi pengembangan bisnis mereka. Lebih jauh, studi tersebut juga menemukan bahwa UMKM sebagian besar menganggap bahwa terbatasnya sumber informasi dan tidak adanya lembaga yang menyediakan jasa semacam ini menjadi penyebab utama mereka enggan mengakses sumber formal dalam menjawab kebutuhan mereka akan informasi, masukan (advice) maupun konsultasi yang diperlukan bagi pengembangan bisnis mereka.
Karena itu, sebagai salah satu solusi atas permasalahan lemahnya akses UMKM terhadap akses informasi kepada sumberdaya produktif, perlu adanya sebuah lembaga yang menjadi pusat informasi dan layanan yang mudah diakses (accessible), dan bisa diandalkan (reliable). Lebih jauh, lembaga tersebut juga harus mampu memberikan akses dan menjembatani permasalahan yang dihadapi oleh UMKM kepada lembaga terkait, sehingga mereka tidak perlu lagi mencari informasi tambahan ke tempat lain dan mengandalkan sumber informal semata.
Sehingga, lembaga tersebut mampu menjawab berbagai kebutuhan informasi dan layanan yang mampu menjawab berbagai permasalahan yang diperlukan oleh UMKM dalam menjalankan usahanya. Layaknya sebuah klinik kesehatan yang mampu menjawab masalah kesehatan yang dihadapi oleh pasien penderita sebuah penyakit, maka klinik UKM diharapkan akan mampu menjawab pertanyaan dan kebutuhan akan informasi dan layanan yang diperlukan UMKM, sehingga mereka bisa menjalankan usahanya dan berkembang dengan pesat.

B. LANDASAN

1. Pancasila
2. UUD 1945
3. Undang-undang (UU) Nomor: 9 Tahun 1995 Tentang Usaha Kecil
4. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1998 tentang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kecil

C. TUJUAN

1. Jangka Pendek
a. Membantu mengatasi masalah yang dihadapi UKM
b. Mengidentifikasi potensi bagi pengembangan UKM di Kota Probolinggo
c. Mempermudah UKM dalam memulai dan mengembangkan usaha

2. Jangka Panjang
a. Memperkuat upaya pengembangan kewirausaahan, khususnya mengatasi hambatan untuk memulai usaha
b. Mendorong terwujudnya sektor UKM yang tangguh dan mandiri serta berdaya saing
c. Membantu peningkatan investasi di daerah melalui penciptaan iklim usaha yang kondusif, khususnya bagi sektor UMKM

D. NAMA KEGIATAN

Nama kegiatan ini adalah “PERESMIAN KLINIK USAHA KECIL MENENGAH (K-UKM) KOTA PROBOLINGGO”

E. TEMA KEGIATAN

“MENDORONG TERWUJUDNYA SEKTOR UKM YANG TANGGUH DAN MANDIRI SERTA BERDAYA SAING MELALUI KLINIK USAHA KECIL MENENGAH (K-UKM) KOTA PROBOLINGGO”

F. PEYELENGGARA KEGIATAN

Kegiatan “PERESMIAN KLINIK USAHA KECIL MENENGAH (K-UKM) KOTA PROBOLINGGO” ini diselenggarakan oleh Kelompok Kerja (POKJA) Pendirian Klinik Usaha Kecil Menengah (K-UKM) Kota Probolinggo.

G. WAKTU & TEMPAT PELAKSANAAN

 Waktu
Hari/ Tanggal : Sabtu, 18 Oktober 2008
Jam : 09.00 WIB.
 Tempat : Meeting Room Rumah Makan Terapung “Hj. Jam’an”
Jl. Gubernur Suryo Gg. Jepara Kota Probolinggolinggo

H. ORGANISASI KERJA (KEPANITIAAN)

Organisas kerja kegiatan ini adalah ex. Officio Kelompok Kerja (POKJA) Pendirian Klinik Usaha Kecil Menengah (K-UKM) Kota Probolinggo. Adapun Susunan Pokja sebagaimana terlampir.

I. SASARAN PESERTA

1. Lembaga Perekonomian ORMAS
2. Perguruan Tinggi Terkait
3. Pelaku UKM dan Koperasi

4. Instansi Pemerintah Terkait
Jumlah Peserta ±300 Orang

J. AGENDA

Agenda acara kegiatan sebagaimana terlampir.

K. RENCANA ANGGARAN BIAYA

Adapun rencana anggaran biaya kegiatan sebagaimana terlampir.

L. LAMPIRAN-LAMPIRAN

1. Susunan kepanitiaan (POKJA)
2. Struktur Organisasi Kerja Pengelola (Proyeksi)
3. Rencana Anggaran Biaya (RAB) Kegiatan
4. Agenda Acara kegiatan
5. Penawaran Sponsorship


M. PENUTUP

Demikian proposal “PERESMIAN KLINIK USAHA KECIL MENENGAH (K-UKM) KOTA PROBOLINGGO” ini disusun untuk selanjutnya dapat dipergunakan sebagai kerangka acuan penyelenggaraan kegiatan ini.
Dan akhirnya, semoga Allah senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita dalam menjalankan amal ibadah sehari-hari. Amin.

Billaahittaufiq Wal Hidayah.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Probolinggo, 15 September 2008

POKJA PENDIRIAN
KLINIK USAHA KECIL MENENGAH(K-UKM)
KOTA PROBOLINGGO

KETUA, SEKRETARIS,



H. ROY AMRAN, SE. AHMAD HUDRI, ST.



Lampiran 1:


SUSUNAN KELOMPOK KERJA PENDIRIAN
KLINIK USAHA KECIL MENENGAH (KUKM)
KOTA PROBOLINGGO

Penasehat : Dr. H. Aminuddin, Sp.OG.,MM.Kes.
Ketua : H. Roy Amran, SE.
Sekretaris : Ahmad Hudri, ST.
Wakil Sekretaris : Drs. Moh. Wahid Ilham
Bendahara : Aang Irlandi, SH.
Wakil Bendahara : M. Robeth Fuad Al Hadi, SE.


Divisi-divisi
A. Divisi Konsultasi
 Juliaman, S.Pd.I
 Johan, S.Pd.
 Muzaka Lathief, S.Sos.I

B. Divisi Layanan Informasi
 Saiful Sarifuddin, ST.
 Hasbi Sidiq, S.Sos.I.

C. Divisi Advokasi dan Mentoring
 Aang Irlandi, SH.
 Firman Dwi JP., SE.

D. Divisi Pelatihan
 Abdur Rahman, S.Pd.
 Achmad Philip, S.Pd.
 Zubaidi, S.Ag.



LAMPIRAN 2:

PROYEKSI STRUKTUR ORGANISASI KERJA PENGELOLA
KLINIK USAHA KECIL MENENGAH (KUKM)
KOTA PROBOLINGGO



























LAMPIRAN 3:

Rencana Anggaran Biaya (RAB)
PERESMIAN KLINIK USAHA KECIL MENENGAH
KOTA PROBOLINGGO


Probolinggo, 15 September 2008
POKJA PENDIRIAN
KLINIK USAHA KECIL MENENGAH
(K-UKM)
KOTA PROBOLINGGO

KETUA, BENDAHARA,



H. ROY AMRAN, SE. AANG IRLANDI, ST.

Lampiran 4:

AGENDA ACARA
PERESMIAN KLINIK USAHA KECIL MENENGAH
KOTA PROBOLINGGO

NO JAM
(WIB) ACARA PENANGGUNG JAWAB
A 09.00-09.30. PEMBUKAAN MC
- Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an Zainul
- Menyanyikan Lagu Indonesia Raya Dirigen
 Laporan Ketua Pokja
 Sambutan Walikota sekaligus Peresmian dan Pengukuhan Pengelola KUKM Kota Probolinggo
H. Roy Amran
HM. Buchori, SH.,M.Si.


B 09.30-12.00 PERKENALAN KLINIK UKM KOTA PROBOLINGGO








C.







12.00-12.15 Moderator:

Pembicara:
1. Kepala Dinas KOPERINDAG
Kota Probolinggo
2. Direktur Klinik UKM Propinsi Jatim
3. Direktur PEACBROMO

PENUTUP/ Do’a
Ahmad Hudri, ST.


Drs. Widiarto


Drs. Samsul Hadi

































Lampiran 5:


PENAWARAN SPONSORSHIP



I. PROSEDUR BERPARTISIPASI
1. harap di periksa keabsahan dan identitas pembawa proposal. Panitia di sertai dengan surat tugas dan dengan stempel dan tanda tangan asli ketua panitia (OC)
2. penyerahan barang atau pembayaran partisispasi paling lambat dilaksanakan 15 hari sebelum pelaksanaan
3. perjanjian tambahan antara pantia dengan partisipan harap ditulis pada sebuah surat perjanjian sponshorsip yang telah di sediakan
4. partisipasi di harap mengisi dua buah surat sponshorsihp, masing-masing untuk panitia dan partisipan
5. untuk setiap pembayaran partisipan akan menerima satu lembar bukti pembayaran, lainnya di bawa oleh panitia pembawa proposal

II. BENTUK PARTISIPASI
A. SPONSOR TUNGGAL
Sponsor tunggal adalah perusahaan atau instansi yang memberikan bantuan dana dengan jumlah minimal antara 60-70% dari kesuluruhan anggaran dan berhak atas semua kontra prestasi yang ditawarkan panitia, sertra tunggal dengan panitia penyelenggaraan
B. SPONSOR UTAMA
Sponsor utama adalah perusahaan ataau instansi yang memberikan bantuan dana dengan jumlah minimal antara 40-50% dari keseluruhan anggaran dana dengan mendapat point fasilitas yang ditawarkan (terlampir)
C. SPONSOR PENDUKUNG
Sponsor pendukung adalah perusahaan atau instansi yang memberikan bantuan dan mendapatkan kontra prestasi sesuai point yang ditawarkan

III. BENTUK KONTRAK PRESTASI
Bentuk-bentuk kontra prestasi ataupun fasilitas yang kami tawrkan kepada pihak sponsor sebagai kompensasi bantuannya berupa:
A. FRESH MONEY
bantuan sponsorship dapat berupa dana segar/tunai yang ketentuannya disesuaikan dengan kesepakatan yang disepakati antara sponsor yang bersangkutan dengan panitia

B. SPANDUK
 Ukuran : 7 meter
 Jumlah : 5 buah
 Keperluan : Publikasi kegiatan & Promosi Sponsor
 Tempat : Tempat-tempat strategis di sekitar kota Probolinggo
 Harga satuan : Rp. 210.000,00 (dua ratus sepuluh ribu rupiah)
 Harga : Rp. 1.050.000,00 (satu juta lima puluh ribu rupiah)
 Catatan :
 Biaya di atas belum termasuk biaya pemasangan dan perizinan spanduk
 Pemasangan spanduk di mulai 7 hari sebelum hari pelaksanaan
 Biaya perizinan di tanggung sponsor
 Pemasangan dilakukan oleh pihak sponsor
 Disain spanduk dibuat oleh sponsor

C. BALIHO/ BANNER
 Ukuran : (3X4) meter
 Jumlah : 5 buah
 Keperluan : Publikasi kegiatan & Promosi Sponsor
 Tempat : Tempat-tempat strategis di kota malang
 Harga satuan : Rp. 450.000,- (empat ratus lima puluh ribu rupiah)
 Harga : Rp. 2.250.000,- (dua juta dua ratus lima puluh ribu tupiah)
 Catatan
 Logo sponsor berhak atas maksimal seperempat bagian dari luas total
 Pemasangan baliho di mulai 7 hari sebelum pelaksanaan
 Biaya di atas belum termasuk biaya pemasangan dan perizinan baliho
 Biaya perizinan di tanggung sponsor
 Pemasangan dilakukan oleh pihak sponsor

D. UMBUL-UMBUL
 Ukuran : sesuai dengan kebutuhan
 Jumlah : 100 buah
 Keperluan : promosi sponsor
 Tempat : di lingkungan
 Harga satuan : Rp 65.000,00 (enam puluh lima ribu rupiah)
 Harga : Rp 6.500.000,00 (enam juta lima ratus ribu rupiah )
 Catatan
 Logo sponsor berhak atas maksimal seperempat bagian dari luas total
 Pemasangan umbul-umbul di mulai 7 hari sebelum pelaksanaan
 Biaya di atas belum termasuk biaya pemasangan dan perizinan umbul-umbul
 Biaya perizinan di tanggung sponsor
 Pemasangan dilakukan oleh pihak sponsor

E. POSTER
 Ukuran : A3
 Jumlah : 1000 lembar
 Keperluan : publikasi kegiatan
 Tempat : Tempat-tempat strategis di kota Probolinggo
 Harga satuan : Rp 3.000,00 (dua ribu lima ratuas rupiah)
 Harga : Rp 3.000.000,00 (tiga juta rupiah)
 Catatan
 Tersedia seperempat bagian dari poster untuk sponsor
 Pemasangan poster di mulai 7 hari sebelum pelaksanaan
 Biaya di atas belum termasuk biaya pemasangan dan perizinan poster
 Biaya perizinan di tanggung sponsor
 Pemasangan dilakukan oleh pihak sponsor
 Desain id card di buat oleh sponsor dan harus di serahkan kepada panitia maksimal seminggu sebelum pelaksanaan kegiatan

F. ID CARD PANITIA
 Ukuran : 12 x 15
 Jumlah : 60 buah
 Keperluan : sebagai tanda penganal panitia
 Harga satuan : Rp 750,00 (tujuh ratus lima puluh rupiah)
 Harga total : Rp 45.000,00 (empat puluh lima ribu rupiah)
 Catatan
 Tersaedia maksimal seperempat bagian untuk sponsor
 Desain id card di buat oleh sponsor dan harus di serahkan kepada panitia maksimal seminggu sebelum pelaksanaan kegiatan

G. ID CARD PESERTA
 Ukuran : 12 x 15
 Jumlah : 550 lembar
 Keperluan : sebagai tanda pengenal peserta
 Harga satuan : Rp 1.000,00 (seribu rupiah)
 Harga total : Rp 550.000,00 (lima ratus lima puluh ribu rupiah)
 Catatan
 Desain id card di tentukan oleh panitia
 Penyerahan id card ke panitia maksimal 10 hari sebelum pelaksanaan kegiatan

H. BLOCK NOT
 Ukuran : 20 x 15
 Jumlah : 550 buah
 Harga satuan : Rp 2.000,00 (dua ribu rupiah)
 Harga total : Rp 1.100,00 (satu juta seratus ribu rupiah)
 Catatan
 Tersedia maksimal seperempat bagian untuk sponsor
 Desain cover di buat oleh sponsor dan di beritahukan kepada panitia sebelum di cetak
 Penyerahan kepada panitia maksimal 10 hari sebelum pelaksanaan kegiatan

I. PROFIL
 Ukuran : folio
 Jumlah : 50 buah
 Keperluan : sebagai tanda penghargaan
 Harga satuan : Rp 2.500,00 (dua ribu lima ratus rupiah)
 Harga total : Rp 125.000,00 (seratus dua puluh lima ribu rupiah)
 Catatan
 Desain di tentukan oleh panitia
 Di serahkan ke penitia maksimal 10 hari sebelum pelaksanaan kegiatan

J. STICKER
 Ukuran : 7 x 15
 Jumlah : 500 buah
 Harga satuan : Rp 2.500,00 (dua ribu lima ratus rupiah)
 Harga total : Rp 1.250.000,00 (enam ratus ribu rupiah)
 Catatan
 Desain di tentukan panitia
 De serahkan kepanitia maksimal 10 hari sebelum pelaksanaan kegiatan

K. IKLAN MEDIA CETAK
 Ukuran : ¼ halaman
 Frekwensi : 3 hari
 Harga satuan : Rp. 3.000.000,-
 Harga total : Rp. 9.000.000,-
 Keperluan : Publikasi
 Catatan
 Desain di tentukan oleh panitia
 Diiklankan 3 hari sebelum pelaksanaan kegiatan

L. IKLAN RADIO
 Frekwensi : 7 hari
 Harga satuan : Rp. 150.000,-
 Harga total : Rp. 1.050.000,-
 Keperluan : Publikasi

M. VANDEL
 Ukuran : batu marmer atau kayu + mika
 Jumlah : 6 buah
 Harga satuan : Rp. 200.000,-
 Harga total : Rp. 1.200.000,-
 Keperluan : sebagai cideramata
 Catatan
 Desain di tentukan oleh panitia
 Di serahkan ke panitia maksimal 10 hari sebelum pelaksanaan kegiatan


IV. PERATURAN BERPARTISIPASI
Kontrak kerjasama antara panitia pelaksana dan sponsor de atur sebagai berikut :
1. Partisipasi dalam bentuk dana ataupun dalam bentuk barang atau jasa sesuai dengan anggaran atau nilai dan kriteria yang telah di tentukan.
2. Ikatan kerjasama di buktikan dengan menandatangani surat pernyataan
3. Penyerahan barang partisipasi telah di atur dalam point-point di atas yang telah kami sesuaikan dengan jadwal pelaksanaan untuk publikasi kegiatan serta jadwal pelaksanaan kegiatan
4. Perjanjian kontrak kerjasama dapat di laksanakan langsung oleh panitia pembawa proposal dengan pihak sponsorship, panitia disertai dengan surat tugas dan dengan stempel dan tanda tangan asli ketua panitia
5. Pembatalan
a. Pembatalan selambat-lambatnya 10 hari sebelum tanggal pelaksanaan
b. Bila sponsor telah membayar uang muka 50% maka dana tersebut menjadi milik panitia.
6. Bentuk-bentuk partisipasi yang telah di setujui dapat dinegosiasikan ulang oleh panitia dengan pihak sponsor apabila nantinya dalam pelaksanaan teknis
7. Bentuk kerjasama selain yang tersebut di atas dapat di bicarakan lebih lanjut
8. Barang atau uang dapat langsung di serahkan kepada panitia
9. Ketentuan-ketentuan lain yang belum di tulis, dapat di atur sesuai dengan kesepakatan.

Probolinggo, 15 September 2008

POKJA PENDIRIAN
KLINIK USAHA KECIL MENENGAH(K-UKM)
KOTA PROBOLINGGO

KETUA, SEKRETARIS,




H. ROY AMRAN, SE. AHMAD HUDRI, ST.

2 komentar:

  1. HAHHH GOLEK JURNAL PENELITIAN PODO JUDUL KU GK NMU

    BalasHapus
  2. Baccarat - The Borgata - Worrione
    Baccarat worrione is a fun and traditional casino game played with two players playing against a real dealer, with two players หารายได้เสริม sitting opposite each febcasino other. The game uses a

    BalasHapus