Sabtu, 24 Januari 2009

PROPOSAL PERPUSTAKAAN



PROPOSAL
PENYELENGGARAAN PERPUSTAKAAN
NAHDLATUL ULAMA
KOTA PROBOLINGGO



A. P ENDAHULUAN
Pada zaman ini yaitu era globalisasi memungkinkan banyaknya akses untuk mencari informasi dari segala penjuru dunia salah satunya adalah melalui perpustakaan.Dengan adanya perpustakaan kita juga dapat mencari, mengolah ataupun menyimpan data atau yang dikenal dengan perpustakaan digital. Dalam dunia pendidikan khususnya, perpustakaan dijadikan sebagai sarana informasi
Yang diperlukan sebagai sumber belajar maupun laboratorium belajar yang memungkinkan para tenaga pendidik dan peserta pendidik serta masyarakat secara umum dapat meningkatkan kualitas wawasannya. Namun hal yang paling utama dalam mengoptimalkan fungsi perpustakaan adalah minat baca yang harus dimiliki seseorang dan juga manajemen perpustakaan yang dapat meningkatkan minat baca. Namun pada kenyataannya tidak semua sekolah, lembaga pendidikan atau organisasi-organisasi sosial khususnya organisasi keagamaan seperti Nahdlatul Ulama dapat menyelenggarakan perpustakaannya dengan baik atau bahkan tidak memiliki perpustakaan. Masih banyak kendala yang dihadapi, diantaranya adalah kurangnya pengetahuan para pengelola perpustakaan tentang manajemen perpustakaan dan penyediaan sarana prasarana yang tidak memadai.
Manajemen perpustakaan yang baik adalah tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas dengan memaksimalkan potensi yang ada, sarana dan prasarana yang memadai, koleksi buku yang memadai, manajemen data base yang tersistem, promosi dan marketing perpustakaan yang baik.
Nahdlatul Ulama (NU) adalah organisasi massa Islam berbasis memiliki orientasi pada bidang keagamaan, pendidikan, sosial budaya dan bidang lain yang memiliki kemanfaatan terhadap masalah-masalah keumatan lainnya. Dalam hal mewujudkan orientasi tersebut, Pengurus Cabang nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Probolinggo mencoba merealisasikanya dalam suatu bentuk program kerja yang tujuannya membangun insan-insan yang cerdas, bertaqwa, berkepribadian sosial,dan diharapkan dapat berguna bagi pembangunan masyarakat Kota Probolinggo pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Sebagai wujud konkrit, adalah dengan menyelenggarakan perpustakaan. Kehadiran perpustakaan ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan transfer pengetahuan secara tidaklangsung kepada masyarkat dan mengajarkan untuk mengerti tentang arti pentingnya lingkungan hidup agar dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap lingkungan hidup kita bersama.

B. TUJUAN
Berdasarkan latar belakang di atas, adapun tujuan penyelenggaraan penyeleggaraan perpustakaan berbasis Perpustakaan Nahdlatul Ulama Kota Probolinggo ini adalah:
1. Melengkapi sarana dan prasarana perpustakaan Nahdlatul Ulama sebagai salah satu sarana penunjang utama aktifitas pengembangan sumber daya manusia khususnya warga nahdliyyin di kota Probolinggo.
2. Meningkatkan minat baca warga nahdliyyin dan masyarakat kota probolinggo pada umumnya.

C. PERMASALAHAN
Merujuk kepada tujuan di atas dan fakta nyata yang terjadi, bahwa belum otimalnya pemanfaatan perpustakaan disebabkan oleh permasalahan sebagai berikut:
1. Belum memadainya sarana dan prasarana perpustakaan Nahdlatul Ulama sebagai salah satu sarana penunjang utama aktifitas pengembangan sumber daya manusia khususnya warga nahdliyyin di kota Probolinggo.
2. Belum optimalnya minat baca warga nahdliyyin dan masyarakat pada umumnya sebagai salah satu akibat tidak tersedianya sarana prasarana perpustakaan yang memadai.


D. SASARAN
1. Warga Nahdliyin Kota Probolinggo
2. Santri, Pelajar dan mahasiswa di kota Probolinggo
3. Masyarakat umum.

E. NAMA PERPUSTAKAAN

Nama perpustakaan adalah: PERPUSTAKAAN NAHDLATUL ULAMA KOTA PROBOLINGGO

F. J ENIS KOLEKSI BUKU
1. Bidang Lingkungan Hidup.
Yang juga mencakup beberapa bidang Ilmu seperti hukum Lingkungan, ekonomi lingkungan, Lingkungan internasional, biologi, kimia lingkungan, dan kesehatan lingkungan, serta Terintegrasi dalam berbagai ilmulainnya seperti ilmu pertanian, perikanan, kehutanan, pertambangan, sosial, dan budaya

2. Bidang Keagamaan (Islam)
Mencakup beberapa bidang ilmu seperti Ilmu Fiqh, Aqidah, Akhlaq dan kitab-kitab (buku) lain penunjang kegiatan pengembangan wawasan keagamaan (Islam)

3. Bidang Umum
Mencakup beberapa bidang seperti Politik, Sosial, Budaya, Ekonomi, Filsafat, Hukum, ilmu pengetahuan dan teknologi serta bidang-bidang lain penunjang wawasan umum.



G. PENYELENGGARA PERPUSTAKAAN

Penyelenggara Perpustakaan Nahdlatul Ulama Kota Probolinggo adalah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Probolinggo.

H. S TRUKTUR ORGANISASI PENGELOLA

Struktur oraganisasi pengelola Perpustakaan Nahdlatul Ulama Kota Probolinggo sebagaimana terlampir.



I. RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB)

Rincian rencana anggara biaya pengadaan sarana prasarana pengembangan Perpustakaan Nahdlatul Ulama Kota Probolinggo sebagaimana terlampir.

J. FASILITAS PENDUKUNG

Fasilitas pendukung Perpustakaan Nahdlatul Ulama Kota Probolinggo adalah sebagai berikut:
1. Ruang Pengelola 1 (satu) Ruang (foto terlampir)
2. Ruang Baca dan Ruang tempat rak buku I (satu) ruang (foto terlampir)
3. Sarana MCK (foto terlampir)
4. Musholla (foto terlampir)

K. AGENDA PROGRAM

Agenda program secara terinci akan dilakukan secara bertahap melalui tahapan-tahapan yang akan diagendakan dalam jadwalpenyelenggaraan. Adapun jadwal penyelenggaraan sebagaimana terlampir.

L. TAHAPAN-TAHAPAN

1. Penyusunan konsep Perpustakaan
2. Pengajuan Proposal
3. Realisasi Proposal
4. Persiapan Tata Ruang + Perlengkapan Perpustakaan
5. Penyiapan sumberdaya manusia (Pengelola)
6. Pengadaan Koleksi Buku
7. Persiapan Pengelolaan Perpustakaan
8. Sosialisasi + Promosi
9. Peresmian Perpustakaan
10. Rapat Kerja Pengelola

M. LAMPIRAN-LAMPIRAN

1. Struktur Organisasi Pengelola (Proyeksi)
2. RAB
3. Time Schedule (Jadwal)
4. Denah lokasi
5. Foto Sarana Pendukung

N. PENUTUP

Demikian proposal ini dibuat dan diajukan untuk mendapat bantuan pengadaan sarana dan prasarana perpustakaan. Selanjutnya, besar harapan kami proposal pengajuan pengadaan sarana dan prasarana perpustakaan dapat dikabulkan.
Akhirnya, semoga Allah senatiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita dalam menjalankan amal ibadah sehari-hari dan mencatatnya sebagai amal ibadah. Amin.
Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.

Probolinggo, 01 Nopember 2008
PENGURUS CABANG
NAHDLATUL ULAMA
KOTA PROBOLINGGO

Ketua, Sekretaris,



Drs. KH. Mafrudin Maliki, SH. Drs. Paeni Effendy, MH.


Rais, Katib,



KH. Abdul Aziz Fadlol H. Bisri Nali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar